Instagram merupakan salah satu media sosial yang saat ini sangat populer di kalangan masyarakat. Menjadi bagian netizen Instagram, mau tak mau mesti tahu algoritma Instagram 2022.
Mengapa Instagram bisa sepopuler sekarang? Dikutip dari buku How to Win Instagram yang ditulis oleh Tim Stiletto Book (2019: 3), Instagram memiliki beberapa keunggulan, seperti user friendly, merupakan aplikasi foto pertama, mobile friendly, platform untuk populer, dan new generation of marketplace. Untuk memahami cara kerja Instagram, pengguna harus memahami juga cara algoritma Instagram 2022 bekerja agar viral.
Pada tahun 2018, ketika seseorang mengunggah konten di Instagram, unggahan tersebut hanya akan terlihat oleh 10% followers. Apabila 10% tersebut memberikan respons terhadap konten yang baru saja diunggah, maka hal tersebut akan meningkatkan peluang 90% lainnya. Nah, artikel kali ini akan menjelaskan lebih lanjut cara kerja algoritma Instagram 2022.
Apa yang paling kamu rasakan setelah algoritma Instagram berubah akhir-akhir ini. Perlu diketahui dan disimak dengan baik bahwa news feed Instagram kamu tidak lagi seperti dahulu kala. Sebagian dari pengguna Instagram pasti bingung karena mendapatkan unggahan teman yang sudah kadaluarsa tetapi masih muncul di laman news feed teratas. Hal tersebut terjadi akibat perubahan algoritma Instagram per tahun 2018.
Dikutip dari buku Asam Manis Perjalanan Mama Muda Sulap 75 Ribu jadi 300 Juta yang ditulis oleh Banin SN (2019: 142), algoritma merupakan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer. Algoritma berkaitan dengan sebuah hukum sebab dan akibat. Hukum sebab akibat tersebut diekspresikan ke dalam urutan langkah penyelesaian masalah, yang dikenal dengan algoritma.
Balik lagi ke algoritma Instagram, unggahan temanmu yang sudah diunggah lima hari sebelumnya, justru muncul di news feed di atasmu karena rumus interaction yang sudah diprogramkan di aplikasi Instagram. Jadi, salah satu penyebab kita mendapatkan unggahan yang sudah kadaluarsa karena kita sering berinteraksi dengan akun tersebut.
Terdapat tiga faktor yang memengaruhi postingan akan muncul di news feed Instagram kita adalah interest, relationship atau interaction, dan recency. Semoga informasi di atas bermanfaat! (CHL)
Comments
Post a Comment